Istana fakir miskin

Pada tahun 1174 M, yaitu pada masa pemerintahan khalifah Nuruddin az-Zinky, dimana beliau terkenal dengan langkah-langkahnya yang teramat lembut dan bijaksana...
Beliau memikirkan hal ihwal fakir miskin yang sangat membutuhkan kesegaran jasmani dan rohani, dimana mereka akan tertekan secara rohani bila melihat saudara muslimin yang kaya sedang jalan-jalan dan menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak bermanfaat , sedangkan mereka teramat membutuhkan hal demikian.
Akhirnya sang khalifah romantis ini, memutuskan untuk membangun Istana yang dikhususkan untuk fakir miskin, dimana terdapat didalamnya taman luas dihiasa tanaman bunga, kolam pemancingan, tempat yang disediakan khusus memanah, tempat untuk berkuda, dan tempat bermain untuk anak-anak.
Dalam istana tersebut, beliau membangun segala macam rekreasi yang mungkin dirindukan oleh para fakir miskin.
Modal pembangunan istana tersebut dari hasil keuntungan negara yang tersisa setelah perencanaan pembangunan dsb.
Setelah selesai pembangunan istana tersebut, beliau membuka lembaga khusus  mengurus masalah pendaftaran fakir miskin yang hendak berekreasi dan menginap di istana tersebut, menyediakan segala perlengkapan yang dibutuhkan dan yang mungkin akan dibutuhkan, menjadwalkan waktu bagi masing-masing keluarga miskin agar tetap terjaga kehormatan kelurga yang sedang bermalam. mengurus dan memperbaiki kerusakan yang akan timbul akibat kunjungan-kunjungan yang berulang.
..
Indah bukan.... Adakah dimasa kini presiden, raja,sultan, melakukan demikian, atau sekedar memikirkannya....
sesungguhnya kita merupakan ummat yang paling mulia dan paling kuat di muka bumi ini, kalu saja para pemimpin melakukan 1/1000 langkah yang pernah dilakukan para khalifah terdahulu, pastinya negeri ini akan menjadi negeri yang makmur, adil, dan berwibawa.
wallahu a'lam

Amirah Nahrawi

Labels: ,