Pendidikan yang baik

Assalamu alaikum wwr wb
Saya ingin mendapatkan saran tentang pendidikan anak , Bagaimana agar anak kita mendapatkan pendidikan yang baik dan menyeleksi pengaruh buruk perkembangan teknologi yang semakin canggih....

Wassalamu alaikum wr wb
Nina darmayanti
--------------------------
Walaikum salam wr wb
Sebelumnya terimakasih atas pertanyaan yang ibu kirimkan ke email kami, selanjutnya kami akan menjawab pertanyaan ibu dengan sigkat dan jelas.
Mengingat perkembangan teknologi yang semakin canggih dimana saya merasakan kekhawatiran  seorang ibu tercermin dalam pertanyaan yang telah anda ajukan. Maka yang saya dapat berikan sebagai saran yaitu:
1) Didiklah anak ibu dengan tegas, lembut, penuh kasih sayang. Hal ini perlu dilakukan setiap saat dimana ada kalanya anda harus tegas, harus lembut, dan tentunya penuh kasih sayang.
2) Anak adalah anugrah Allah yang teramat indah dalam kehidupan kita, karena itu amanah Allah ini haruslah anda perlakukan dengan hormat, alias menghormati fitrah keingntahuannya yang begitu besar (khususnya pada anak usia 3-10 th). Tentu cara anda menghormati keingintahuannya bukanlah dengan membiarkannya bebas mencari tahu dan mendapatkan informasi yang salah atau dari sumber yang salah atau dengan anda melarangnya bahkan sebelum membiarkan ia mencobanya, karena bila anda melarang tanpa alasan akan mengakibatkan titik balik yang sangat dahsyat yang akan tersimpan dalam benak si kecil, sehingga dimana anda tidak mengawasinya dia akan mancari dengan gusar. Tentunya bukan itu pula yang anda inginkan. Nah.. sebagai orang tua yang bijak, hormatilah keinginan anak anda dengan cara memberinya space untuk mencari tapi dengan tetap mengawasi dari jauh, mengapa? 
Bila si kecil merasa bahwa anda mengawasinya maka akan kembali lagi ke titik awal dimana ia akan menggunakan kesempatan untuk leluasa ketika anda sedang tidak ada dihadapannya. Hormatilah si kecil dengan mendengarkan alasan mengapa ia melakukan kesalahan itu, jangan langsung marah apa lagi anda membentak, dengarkan alasannya dan berikan pengertian yang dapat diterima olehnya.
3) Hal yang paling penting adalah pendidikan agama. Si kecil membutukan pegangan untuk masa depannya agar suatu saat ia dapat menolak kebatilan. Ceritakan padanya kisah para nabi as, berikan pengertian dan gambaran yang sederhana tentang cinta dan sayang Allah kepadanya, selalu berikan motivasi yang dapat menumbuhkan cintanya kepada Allah dan bukan rasa takut kepadaNya.
4) Hal terakhir yang perlu diingat, bukan hanya si anak yang dapat melakukan kesalahan atau terjerumus, kita pun sebagai manusia yang penuh kelemahan melakukan kesalahan setiap saat.. karena itu, perlunya penanaman agama secara mendalam, sehingga bila suatu saat anak kita jatuh atau melakukan kesalahan, insya allah dengan akar-akar pendidikan agama yang kuat yang telah kita tanamkan kepadanya dia akan sadar dan cepat kembali kepadaNya. Hal ini berbeda dengan anak yang tidak diberikan pendalaman agama dimana ketika mereka melakukan kesalahan atau terjatuh dalam lingkungan hitam, mereka sulit untuk kembali.
Sekiranya cukup membantu dalam mendidik anak, semoga anak ibu menjadi anak sholeh, berkah dan membanggakan anda dunia dan akhirat..

Wabillahittaufiq walhidayah

Wassalamu alaikum wr wb 
Amirah Nahrawi 

Labels: