Al-Abbas ra dan ayat 7 dari Surah Al-Anfal

Oleh: Amirah Nahrawi

Diceritakan bahwasanya Al-Abbas bin Abdul Muthalib ra paman rasulullah SAW beserta beberapa keluarganya disandra oleh kaum muslimin pada perang Badar....Ketika itu Rasulullah menjumpainya bersama keluarga yang lain, kemudian rasulullah berkata kepadanya: Wahai al-Abbas, sesungguhnya engkau adalah orang kaya, maka bayarlah fidyah untuk kebebasanmu dan keluargamu yang lain yang telah disandra.
Al-Abbas menjawab: Wayahi Rasulullah sesungguhnya saya telah masuk Islam akan tetapi kaumku memaksa dan mengancamku untuk ikut berperang malawanmu.
Al-Abbas tetap bersekeras untuk tidak membayar fidyahnya, maka ditinggalkan oleh rasulullah saw, ketika itu turunlah yat no.7 dari Surah Al-Anfal:

{يا أيُّها النَّبِي قُـلْ لِمَن فِي أيْدِيكُم مِنَ الأسْرَى إن يَعْلَم اللّهُ فِي قُلُوبِكُم خَيْرَاً يُؤْتِكُم خَيْرَاً مِما أُخِذَ مِنْكُم ويَغْفِر لكُم واللّهُ غَفُورٌ رَحِيم
}
Wahai Nabi katakanlah kepada mereka yang telah jatuh sandra ditanganmu (Al-Abbas dkk) sesungguhnya jika Allah mengetahui ada kebaikan didalam hati kalian maka akan diberikan/digantikan lebih baik dari apa yang telah diambil dari kalian, dan mengampuni dosa-dosa kalian, sesungguhnya Allah Maha Pengampun dan Maha Penyayang.
Maka ketika Al-Abbas mendengar firman Allah swt itu, diapun bersedia membayar fidyahnya. dan kembali ke Mekkah bersama keluarganya yang disandra.
Diantara yang ikut disandra adalah:
1.'Uqail bil Abi Thalib
2. Naufal bin al-Harits
3. 'Utbah bin 'Amru

Labels: ,