Lebah.. Subhanallah

Oleh: Amirah Nahrawi
---
Diantara kekuasaan Allah yang terdapat pada lebah yaitu bahwa ia menghasilkan madu lebih banyak daripada yang dibutuhkannya dan menyimpan di sarang. Semua orang sangat mengenal struktur sarang lebah, tapi pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa sarang lebah berbentuk sedemikian rupa? dan apakah hikmah yang terletak padanya? 



Para ahli matematika yang mencari jawaban pertanyaan itu mencapai kesimpulan menarik: yaitu “bentuk sarang yang demikian adalah bentuk geometri paling tepat untuk penggunaan maksimum suatu ruang.” Sel berbentuk heksagonal membutuhkan jumlah lilin minimum, tetapi mampu menyimpan madu dalam jumlah maksimum. Jadi, lebah menggunakan struktur sarang yang paling tepat.

 

Metode yang digunakan untuk membangunnya pun sangat menakjubkan: lebah-lebah memulainya dari dua atau tiga tempat berbeda dan menjalin sarangnya secara serentak dengan dua atau tiga deretan. Meskipun memulai dari tempat yang berbeda-beda, lebah yang jumlahnya banyak ini membuat heksagon-heksagon identik, kemudian menjalinnya jadi satu dan bertemu di tengah-tengah. Titik-titik sambungnya dipasang dengan begitu rapi sehingga tidak ada tanda-tanda telah digabungkan. Subhanallah !!!

Labels: