Dear Adenokarsinoma

Oleh: Nita Saptarini 
[Seorang sahabat yang telah meninggalkan kita pekan lalu]
---
Notes:
Adenokarsinoma adalah jenis kanker yang kuidap dan sejak Oktober akhir menjadi akrab krn menyebabkan aku menunda beberapa rutinitas krn tangan kanan tak lagi dpt digerakkan dan sering nyeri dibeberapa tempat tangan kanan dan leher serta tenggoroakan dan bahu mengalami gangguan fungsional, kadang sekaligus kadang bergantian yang menyebabkan aku tergantung sedikit dengan morphine dan obat tidur dalam keseharian.

Notes ini ditulis terinspirasi oleh saran`seorang tetangga untuk berdamai dengan penyakit, saat aku direfleksi oleh salah seorang malaikat tanpa sayap Gufriati, yang membantuku untuk dapat tidur nyenyak tanpa obat-obat tersebut .

Dear Adenokarsinoma,
Sejujurnya, kaget juga waktu kamu hadir, sayang.. Ada rasa sedih dan sakit waktu tau kamu datang. Sekarang, setelah`diendapkan semua, aku malah bersyukur .

Rasanya emang sekarang saatnya aku berdamai sama kamu, karena dengan kedatanganmu, aku malah banyak bersyukur.

Bersyukur karena kamu menjadi pengingat bahwa semua makhluk akan`ada hari terakhirnya. Dan aku, terus diingatkan bahwa waktuku semakin dekat dan karna sadar bekal cuma sedikit, aku harus menghargai waktu yang ada dengan mempersiapkan diri. Dimana orang lain mungkin akan terus bersenang senang lupa bersiap.

Bersyukur karena kamu menjadi penyatu aku dan teman teman. Bayangkan, di saat saat aku sakit, malah bermunculan teman2 yang lama tak terhubung. Saat saat sekarang menjadi ajang reuni mulai teman TK sampai teman2 kantor lamaku. Mantan2 atasan yang sekarang tersebar di beberapa Negara, menelpon, kirim sms bahkan muncul di rumah!.

Bersyukur dengan hadirnya malaikat2 tanpa sayap yang bantuannya tak mungkin aku menyebutnya satu persatu satu, rasanya setiap hari aku dikunjungi mereka secara bergantian dan aku tahu pasti langkah mereka bertemu dengan aku sudah ada yang mengaturNya, dialah Sang Master Grand Design

Bersyukur dengan hadirnya kamu juga mendidik pribadi agar dapat mengingat suratan takdir.
Kepercayaan atas telah ditulisnya histori seseorang dilauh mahfus pada buku tiap umat yang ditulis jauh sebelum umat tersebut dilahirkan membuat diriku lebih mudah menerima keadaan ditambah lagi dengan keyakinan bahwa Allah tidak akan memberikan beban diluar kesanggupan umatnya.

Jika saat ini kondisi ku memburuk itu berarti aku telah berhasil melewati tahap tahap sebelumnya dan dianggap berhasil sehingga perlu ditambah sedikit beban sampai tiba saatnya penentuan akhir ujian.

Mudah-mudahan rasa syukur ini bisa terus dipertahankan

Rasa syukur lainnya didapat dari sharing dengan banyak sahabat .

Aku menemukan diriku ada dalam keadaan bisa memilih dokter, rumah sakit, jenis obat, dan lain-lain yang bisa kupilih sementara banyak lainnya tak punya kesempatan itu.

Aku bersyukur memiliki keluarga, dan keluarga besar, dokter, para medis, temen-temen kantor, temen-temen komunitas lain bahkan juga temen-temen yag tak pernah aku kenal sebelumnya yang memberikan Aku moral boost yang sangat besar sementara Aku tahu Aku harus menjadi sahabat seseorang yang merasakan dirinya sepi, sendiri dalam merasakan kondisi penyakit yang sama

Aku bersyukur diberi informasi bahwa dalam menghadapi hari hari akhir jiwa dan raga harus merasa tenang bukan saja harus aku mmpersiapkan tapi juga semua anggota keluarga dan orang-orang disekitar aku dan sekarang aku mengetahui merasa nyaman justru dengan berada disekililing mereka.

Aku bersyukur mendapat kesempatan menatap maut dengan jernih memikirkannya disetiap awal tidur dan memikirkan apakah esok akan terbangun dan mendapatkan tambahan anugrah hari baru ini membuatku melakukan kontemplasi hampir setiap hari dimana hal sebelumnya hanya dilakukan setahun sekali menjelang resolusi baru tahun berikutnya

Aku bersyukur keadaan ini membuatku merasa lebih dekat dengan Sang Khalik karena makin hari makin banyak permintaanku yang ditujukan kepadanya karena aku punya mimpi dan aku yakin mimpi itu cepat atau lambat disini atau disana tanpa batasan jarak ruang waktu dimensi Insyaallah akan terwujud.

Adenokarsinoma, terimakasih banyak atas banyaknya hikmah yang dapat kupetik dan baru sebagian diatas yang bisa kuingat saat ini ada atau tidak ada kamu nantinya, kamu berhasil membuatku memaknai arti sehat, keluarga dan tmn2. Semangatku sprt halnya semangat Martin Luther King Jr dalam pidatonya “I Have A Dream” aku juga menarik semangat yang sama dari lagu I Have A dream dan aku harap semua manusia mempunyai mimpi-mimpi dan mencoba menggapainya. Berikut lirik lagu yang sangat inspiratif dan kerap membuat aku merenung bisakah aku mencapainya.
[Note ini ku kutip dari facebook sahabatku nita, semoga dianugrahkan surga yang telah Allah janjikan bagi hamba-hambaNya yang beriman kepadanya.. mohon dibacakan al-Fatihah mengingat beliau tidak memiliki keturunan, hanya amal dan sahabat baik yang mendo'akannya]


Labels: