2012.......?

Oleh: Amirah A. Nahrawi
------
Mendadak dunia heboh  dengan gosip kiamat yang diramalkan akan terjadi pada tahun 2012.


Siapa yang harus bertanggungjawab?? Begitu banyak peramal yang mengakui bahwa ramalannya berakhir pada tahun 2012, dan tidak sedikit pula diantara mereka yang mengatakan bahwa kiamat akan terjadi tanggal 21 Desember 2012.

Ramalan itu makin dikuatkan fakta tentang fenomena yang terjadi belakangan ini. Bencana alam dimana-mana, global warming, kemerosotan moral dan tanda-tanda lainnya.
Makin santer dan yakinlah bahwa memang akan terjadi kiamat pada tahun 2012. Astaghfirullah.. Adakah dari teman-temanku yang percaya dengan ramalan itu?
Sesungguhnya kiamat itu rahasia Allayang tidak diberikan ilmunya kepada siapapun juga dari makhluknya. Tidak ada makhluk yang diberikan kewenangan atau pengetahuan akan kapan datangnya hari kiamat, jam berapa ataupun tanggal berapa. hanya saja kita diperintahkan untuk mempercayai akan datangnya hari kiamat, dan menjadi rukun iman pula yang harus diimani oleh setiap mu'min.
Allah swt befirman: 

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي

لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ

لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا

قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ
”Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru-haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui". (QS Al-A’raaf ayat 187)
Satu-satunya isyarat soal jadwal hari Kiamat dari Rasulullah saw hanyalah bahwa akan terjadi pada hari Jumat. Namun jumat tanggal, bulan dan tahun berapa? Wallahu a’lam. Hanya Allah Yang Maha Tahu. Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda:

وَلَا تَقُومُ السَّاعَةُ إِلَّا فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ
“Dan tidak akan terjadi hari Kiamat kecuali pada hari Jum’at.” (HR Muslim)
Oleh karena itu, untuk apa kita repot dan semakin terbuai dengan berdebatan dan kontrofersi yang terjadi tentang gosip datangnya hari kiamat ataupun tentang film 2012 yang menggambarkan khayalan manusia dengan kehancuran yang akan terjadi bila kiamat tiba?
Satu hal yang pasti dan patut untuk selalu diingat bahwa KIAMAT SUDAH DEKAT, maka bersegeralah untuk membenahi diri kita, dan melakukan segala upaya untuk mendekatkan diri kepadaNya, dan berusaha sekuat tenaga untuk menjauhkan diri dari apa yang dibenciNya.
Diantara hal-hal yang dapat dilakukan yaitu:
1. Bertaubat. Tidak terhitung lagi dosa-dosa yang telah kita lakukan dari sejak kita baligh hingga saat ini, dan tidak dapat dijamin seberapa lamakah umur kita untuk dapat menghapus segala dosa-sdosa itu.
2. Beristighfar. Daripada lisan hanya digunakan untuk memperdebatkan hal-hal yang tidak bermanfaat, sebaiknya digunakan untuk mengingat Allah swt.
3. Mendekatkan diri kepadaNYA. karena bila kita menuju jalanNya langkah demi selangkah maka sesungguhnya Dia akan menuju kita dengan berlari.
4. Saling menasehati dalam kebaikan. Karena sesungguhnya Islam adalah agama saling menasehati
Entah kapan akan kita bertemu dengan malaikat pencabut nyawa, dan ketika itu, sudah tertutup bagi kita segala pintu taubat dan maaf dariNya.
 Sekian, wallahu A'lam

Labels: