Halalkah Makanan Dalam Kemasan Kaleng dan Plastik?


Print E-mail
Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bukan rahasia lagi, sekarang ini banyak dijual makanan berbungkus kemasan dari kaleng atau plastik. Pertanyaannya, benarkah makanan yang dikemas dalam bungkus plastik dan kaleng untuk diawetkan bisa membahayakan kesehatan tubuh? Dikhawatirkan bahan dasar pembuat plastik, serta proses pembuatannya, dapat menimbulkan efek negatif bagi makanan yang diawetkan dengan cara dikalengkan. Dapatkah dijamin status kehalalannya?. Mohon penjelasannya.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Intan - Bali


Wa’laikumsalam Wr. Wb.

Pada umumnya, semua makanan kaleng terlebih dahulu melalui proses sterilisasi. Namun demikian, karena beberapa perlakuan, kalengnya menjadi rusak. Karena itu dalam memilih makan yang dikemas dalam kaleng kita harus memperhatikan beberapa hal.

Pertama. Lihat label yang tertera didalam kemasan. Apakah terdiri dari barang yang halal atau tidak? Selain itu, kita juga harus hati-hati jika produknya berasal dari hewan, sebab walaupun hewannya halal, bagaimana cara penyembelihannya, kita tidak tahu dan jika ragu harus kita tinggalkan. Ini karena ada dalam petunjuk Al-Quran, “ Dan jaganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan itu adalah suatu kefasikan.” (QS.Al-Anam: 121).

Kedua, sebelum mengkonsumsi makanan dalam kemasan kaleng, perlu diperhatikan juga kapan kedaluarsanya. Ketiga, perlu juga memperhatikan bagaimana kemulusan kemasan kalengnya. Sebab meskipun belum kedarluwarsa, jika kalengnya tidak mulus lagi, lebih baik ditinggalkan. Keempat, semua produk dalam kaleng harus bersetifikat halal yang diakui MUI, dan jika barang impor harus pake kode ML. Sementara itu untuk produk dalam kemasan plastik, semua keterangan harus tertera pada label. Plastik yang digunakan sebenarnya harus food grade yang terdaftar secara resmi. Hal Ini untuk menjamin bahwa senyawa yang berbahaya tidak larut dalam produk yang jika dimakan akan mendatangkan kelainan. Demikian, semoga dapat memberikan solusi atas masalah yang anda hadapi.

sumber: halalmui.org

Labels: