Perbedaan Ghazwah dan Sariyyah

Ada dua istilah dalam peperangan pada masa Rasulullah SAW yaitu istilah Ghazwah dan istilah Sariyyah... maka apakah yang dimaksud dengan dua istilah peperangan tersebut dan apapula letak perbedaan antara kedua istilah itu?


Sebenarnya kedua istilah tersebut menunjukan arti yang sama yaitu peperangan yang dilakukan kaum muslimin, akan tetapi perbedaan antara keduanya terletak pada hadir atau tidaknya rasulullah SAW dalam peperangan tersebut.

Ghazwah adalah peperangan yang dipimpin langsung oleh Rasulullah SAW, sedangkan Sariyyah adalah peperangan yang dipimpin oleh sahabat rasulullah SAW artinya Rasulullah tidak ikut ataupun memimpin peperangan tersebut.

Al-Qur'an hanya menyebutkan peperangan yang mengandung hikmah dan pelajaran bagi ummat manusia. sebagai bahan pembelajaran, pertimbangan dan analisa sebelum mengambil suatu tindakan.

Ibnu Sa'd menyebutkan dalam kitabnya "at-Thabaqatul Kubra" bahwa jumlah Ghazwah rasulullah SAW adalah sebanyak 27 kali, dan jumlah Sariyyah adalah sebanyak 47. Sedangkan jumlah peperangan yang rasulullah SAW ikut berperang serta didalamnya adalah 9 kali. yaitu sebagai berikut:

1/ al- Badr al-Kubra
2/ Uhud
3/ al-Muraisi'
4/ al- Khandaq
5/ Quraizah
6/ Khaibar
7/ Fathu Mekkah
8/ Thaif

Perlu dicatat bahwa Ghazwah pertama yaitu Ghazwah al-Abwaa' dan Sariyyah pertama adalah Sariyyah Hamzah bin Abdul Muththalib

Sekian, Wallahu A'lam
aan




Labels: