Visitor No

dreamweaver statistics

Nabi Sulaiman dan Ikan Paus


Pada suatu hari, ketika nabi Sulaiman AS sedang berjalan mengelilingi daerah kekuasaannya, ia melihat seekor ikan paus besar sedang berada dekat pantai... Nabi Sulaiman AS bertanya kepadanya: wahai ikan paus sedang apa engkau disini? Ikan paus menjawab: saya sedang mengambil apa yang telah menjadi rezekiku hari ini  dari Allah swt. Mendengar jawaban itu, Nabi Sulaiman berkata: Saya mengundangmu besok makan pagi bersama teman-temanmu. Ikan paus menjawabnya: Wahai nabi Sulaiman saya akan datang besok pada waktu yang sama tanpa teman-temanku.
Keesokan harinya, Nabi Sulaiman AS menyiapkan makanan yang teramat banyak [dikisahkan panjang prasmanannya mencapat 10 km] dan ketika waktunya tiba, muncullah ikan paus itu dan berkata: saya datang sesuai undanganmu wahai nabi Sulaiman. Nabi Sulaiman mempersilahkan  untuk memakan hidangan yang telah disiapkan untuknya.

akan tetapi........

Terperanjak nabi Sulaiman ketika ikan paus melahap semua makanan yang telah disediakan seketika dan bertanya kepadanya: mana lagi wahai nabi?
"Engkau telah memakan makanan yang begitu banyak dan masih meminta lagi? " jawab nabi Sulaiman AS dengan terheran-heran
"Wahai nabi Sulaiman engkau telah memutuskan rezekiku dari Allah hari ini, dan engkau berjanji untuk memberikan rezeki yang sama, ketahuilah wahai nabiullah sesungguhnya apa yang telah engkau sediakan tidaklah mencukupi makan pagiku saja"
Mendengar jawaban ikan paus, nabi Sulaiman langsung sujud kepada Allah swt seraya berdo'a: Sesungguhnya Engkau Maha pemberi rezeki dan aku hanyalah hambaMu yang lemah dan tidak berdaya dimuka bumi ini kecuali dengan kehendak dan kekuasaanMu .......

Hikmah:
Ketahuilah bahwa arrazaq hanyalah Dia, Dialah yang menjamin rezeki makhluknya dimanapun dan kapanpun. Sesungguhnya tiada makhluk dimuka bumi ini yang tidak mendapatkan rezeki yang telah ditentukan oleh Allah swt.
Allah menjanjikan rezeki bahkan kepada burung, bayi yang belum lahir, semut yang tidak terlihat dan nyamuk yang menggigit kitapun Allah telah tentukan rezekinya beberapa tetes dari darah kita.
Tabaraka Wata'ala Amma Yashifun