Keistimewaan Al-Qur'an

Al-Qur'an merupakan pedoman utama ummat Islam yang akan senantiasa menjadi referensi yang dapat menjawab segala permasalahan yang timbul kemudian hari.
Al-Qur'an adalah mu'jizat terbesar yang dianugrahkan kepada nabi Muhammad saw serta ummatnya. mengapa? karena alqur'an merupakan kitab yang tidak akan usang masanya, al-Qur'an senantiasa menjawab kebutuhan zaman, artinya apapun permasalahan yang sedang dihadapi atau akan dihadapi hingga hari akhir, akan ditemukan pemecahannya dalam al-Qur'an.
Terlepas dari Kemu'jizatan al-Qur'an yang kian hari kian ditemukan mu'jizat baru, Al-Qur'an memiliki keunggulan yang terkandung didalamnya, marilah kita amati beberapa keistimewaan yang meliputi al-Qur'an itu, sebagai berikut:
1/ Al Quran diturunkan menggunakan bahasa Arab. Mengapa? sebab, bahasa arab adalah satu-satunya bahasa yang lengkap serta memiliki kosa kata yang teramat banyak, bahkan memiliki tatanan dan tingkatan kata yang begitu mendetail, tersusun rapi, dan terorganisir. maka tidak aneh bila banyak sekali pada masa jahiliyyah bahkan hingga saat ini, bahasa arab adalah bahasa paling mudah untuk digunakan bagi para penyair.
2/Jika al-Qur'an diartikan maka akan ditemukan bahwa al-Qur'an [B. arab] adalah mudah dan dengan cepat dapat menyentuh dan mengenai inti permasalahan yang ditujukan dalam al-Qur'an.

3/ Bila seseorang muslim membaca Al-Quran, maka ia mendapatkan pahala atas bacaannya tersebut, terlepas dari keharusan memahami, merenungkan serta menguasai ilmu-ilmu al-Qur'an. Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bahwasanya bilamana seseorang membaca al-Qur'an maka hitungannya bukan satu ayat demi satu apalagi memahami sekaligus mengamalkannya, ” kata Mahmudi di Serang, Jumakan tetapi hitungannya adalah dengan banyaknya huruf yang telah ia baca, misal ألم [S.2 #1] akan dihitung olehNya SWT [sebagai rahmat dan kasih sayangNya kepada kita] 3 huruf

Sekian, Wallahu A'lam

Labels: