Produk Suplemen Mengandung Brewer’s Yeast Halalkah?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya adalah seorang karyawan, kebetulan sekali saya selalu mengkonsumsi beberapa produk suplemen untuk perawatan tubuh.Namun demikian, belakangan ini saya sering mendengar ada istilah Brewer’s Yeast yang merupakan salah satu ingredient yang terdapat dalam produk food suplement.

Produk ini diberikan oleh dokter kulit kepada saya yang mengalami problem jerawat. Pertanyaannya dari manakah bahan itu berasal? Mohon penjelasan komposisi dari Brewer’s Yeast tersebut? Benarkah ia merupakan bahan utama produk food supplement, yang kabarnya juga bisa mengandung unsure yang haram? Lalu bagaimana kepastian hukumnya, halalkah?
Wassalamualaikum Wr. Wb.
Sri Muliawati
Tanah Sareal Bogor
-------
Waalaikumsalam Wr. Wb.
Terima kasih atas pertanyaan Anda. Sebelum menjawab lebih lanjut, perlu Anda ketahui bahwa Brewer’s yeast tersebut adalah berasal dari proses sampingan Sacharomyces Cerevisal, karena itu tentu saja mengandung khamr yang tidak halal. Yeast bukan hewan atau pun tumbuhan. Namun tergolong dalam kelompok mikroskopik (yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop) dari golongan jamur (fungi). Yeast yang dengan kata lain disebut dengan khamr adalah makhluk bersel satu yang terdiri dari sel-sel yang berbentuk oval atau bulat. Perkembangbiakannya dengan cara membelah diri. Yang dimaksud dengan Brewer’s Yeast adalah khamr atau yeast yang digunakan dalam industri pembuatan bir atau wine.
Menurut Komisi fatwa MUI, ragi yang berasal dari hasil samping proses pembuatan khamr setelah melalui proses pencucian sehingga hilang rasa, bau dan warnanya hukumnya halal dan suci. Berdasarkan kondisi di atas maka apakah mungkin menghilangkan sama sekali baud an rasa bir tersebut? Jika mungkin maka Brewer’s yeast hukumnya halal dan suci. Namun sebaliknya, jika masih terdeteksi bau, rasa dan aroma bir, maka hukumnya haram dan tidak suci. Oleh sebab itu, untuk menjaga kehati-hatian dan menjauhkan diri dari mengkonsumsi suatu produk yang meragukan status kehalalannya, maka sebaiknya anda tidak mengkonsumsi produk atau food supplement yang mengandung unsur Brewer’s yeast tersebut. Demikian jawaban yang dapat diberikan semoga dapat memberi solusi atas pertanyaan Anda.
Wassalam
Salam Halal !
H.Ir.M. Nadratuzzaman Hosen, MS, MEc, Ph.D
Direktur LPPOM MUI dan President World Halal Council
Sumber : www.pkesinteraktif.com

Labels: