Kaitan dengan Hadits Bukhari


Assalaamu'alaykum wr wb.

Hari Sabtu dan Ahad 17-18 Jan 2009 kemarin saya asyik membaca buku Ensiklopedi Imam Syafi`i. Sungguh saya terharu dan terdorong semangat untuk belajar dan belajar.

Banyak sekali contoh dan `ibar yang bisa dijadikan daya dorong agar lebih baik dalam ibadah, dan terus memperkuat semangat belajar dan mendalami ilmu pengetahuan. Ibaratnya tidak ada kata terlambat untuk belajar.

Lebih dari itu bahasanya enak, dan mudah difahami.

Ketika membahas bab Tayammum, dengan sub judul 'Arti tangan dalam kata wa aidiyakum' di situ disebutkan bahwa hadits:
عن جابر بن عبد الله قال رسول الله صلعم التيمم ضربة للوجه وضربة للذراعين إلى المرفقين
diriwayatkan oleh Bukhari, tetapi ketika saya cari pada kitab Bukhari saya tidak menemukannya. Manakah yang benar?
Semoga menjadi periksa.

Best Regards.

Wassalam - Fatchul Umum

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Wa'alaikumsalam wr wb.

semoga bapak fatchul umam dalam keadaan sehat walafiat ..

sebalumnya kami mohon maaf atas keterlambatan kami membalas email bapak...

mengenai hadits riwayat albukhari tentang yang dimaksud dengan kata "aidikum" yang diriwayatkan dari jabir bin abdullah, dan bapak mencari hadits tersebut dan tidak menemukannya dalam shohih bukhari yang anda miliki...

dengan ini kami beritahukan bahwa hadits tersebut diriwayatkan oleh perawi yang bernama Jabir bin 'Abdullah bin 'Amr bin Hiram Abu 'Abdullah As-salami al anshari al-madani. ia adalah seorang perawi hadits yang adl dan tsiqoh dan haditsnya banyak dijadikan oleh sahabat sebagai dalil dalil dalam mengembangkan mazhab dan hukum agama. akan tetapi perawi ini adalah perawi yang kerap kali tidak menyebutkan silsilah haditsnya beliau dapatkan dari mana, karena itu hadits hadits yang diriwayatkan oleh beliau merupakan hadits yang dikategorikan oleh imam al-Bukhari sebagai hadits marfu' yakni bukan hadits mutawatir (diketahui dengan jelas silsilah perawinya sampai kepada baginda Rasulullah saw)

walaupun demikian perawi ini tetap pada tingkatan tsiqah bila meriwayatkan hadits, karenanya anda tidak akan menemukan hadits ini dalam buku buku imam al-Bukhari akan tetapi anda akan menemukannya dalam Syuruh (buku buku penjelasan para murid al-bukhari tentang buku buku beliau)

sebagaimana diketahui bahwasanya imam al-Bukhari mempunyai banyak buku tentang tingkatan hadits, para perawi hadits, hadits hadits mursal, maudu' dan mudallas dan lain sebagainya... maka dari itu. manakah buku yang anda miliki dari al-Bukhari dan apakah buku tersebut hasil terjemahan ke dalam bahasa indonesia atau masih berbahasa arab?

mengenai hadits yang anda cari kebenarannya. .. cobalah anda mencari di

إرشاد الساري شرح صحيح البخاري

dari : القسطلاني

buku ini adalah penjelasan secara mendetail dari buku al-bukhari yang berjudul "shohih al-bukhari" disitu akan anda temukan jawaban atas pertanyaan anda..



wallahu a'lam bilshawaab

wasalamu alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Amirah Ahmad Nahrawi, Lc

Labels: