'Aisyah binti Abi Bakr

‘Aisyah binti Abi Bakr ash-Shiddiq RA. Adalah istri Rasulullah SAW dan saudaranya Asma, karena itu rasulullah SAW sering memanggilnya dengan Ummu Abdillah, walau beliau tidak beranak, akan tetapi dinisbahkan kepada keponakannya Abdillah anak Asma’.

Rasulullah menikahinya 2-3 tahun sebelum hijrah ke Madinah, saat itu beliau masih berumur 6 tahun, akan tetapi beliau baru berhubungan dengannya setelah perang Badr pada tahun ke-2 H. Ibunya bernama Ummu Ruman binti ‘Aamer. Beliau hidup bersama rasulullah SAW 8 tahun 5 bulan.

‘Aisyah adalah wanita yang pandai dan banyak meriwayatkan hadits, jumlah hadits yang diriwayatkan sebanyak 2210 hadits, 174 diriwayatkan oleh bukhari Muslim, 54 diriwayatkan oleh al-Bukhari, dan 58 diriwayatkan oleh Muslim [menurut an-Nawawi sebanyak 68 hadits]. Banyak sahabat dan tabi’in yang meriwayatkan hadits darinya, beliau adalah referensi yang kuat bagi para sahabat dan tabi’in yang ingin bertanya mengenai suatu masalah yang belum mereka ketahui atau memastikan bahwa keputusan mereka dalam suatu masalah sesuai dengan ajaran rasulullah SAW.

Wafat pada tahun 57H pada usia 63 tahun, dan Abu Hurairah RA menjadi imam shalat jenazahnya, dan dimakamkan pada malam hari di al-Baqi’ .



Labels: ,