Wudhu di WC

Wudhu di WC haramkah?

Salah satu teman menanyakan apakah hukumnya bila seseorang wudhu di WC?

Jawabannya:
pada dasarnya tidak ada ketetapan dalam al-Qur'an, hadits, atsar, ijma', ataupun istihsan yang menetapkan tempat berwudhu mana yang boleh dan mana yang tidak boleh. artinya dimana saja boleh kita wudhu, kecuali bila tempat untuk berwudhu itu najis, barulah hukumnya tidak boleh whudu di tempat tersebut dan hendaknya mencari tempat lain yang suci.

Bila di katakan bahwa WC adalah tempat yang najis. iya WC merupakan tempat yang najis ketika kita pergunakan untuk buang air besar maupun kecil, akan tetapi setelah disiram, maka najisnya pun hilang dan menjadi suci, artinya tidak mengandung najis yang melarang kita berwudhu di situ.

sebagai contoh najis yang dilarang adalah: bila kita berwudhu di septi tank, atau kumpulan sampah (yang tidak dapat diidentifikasi najis atau tidaknya) dll, sebab tubuh kita akan terkena najis tersebut.

kesimpulannya bahwa wudhu di WC tidak dilarang selama tidak najis.

sekian, walahu a'lam

Amirah A. Nahrawi

.............................................................................................................................................................................

Labels: