shalat di wc?

Shalat Di WC?

Jawaban pertanyaan saudari Anita, mengenai apakah boleh seseorang shalat di WC atau tidak, karena majikan tidak mengizinkan?

Adalah: Shalat seseorang hendaknya ditempat yang bersih dan suci, kemudian melihat keadaan saudari yang tidak diperbolehkan oleh majikan, maka dalam hal ini anda mendapatkan rukhsah dari Allah SWT, artinya dari pada anda harus meninggalkan shalat, maka lebih baik anda melakukannya walaupun di WC dengan catatan bahwa WC harus dibersihkan dan disiram baik-baik hingga diyakini tidak terdapat najis yang melekat.

Hal saudari sama dengan para sahabat ketika diterpa siksaan dari Kaum Kafir supaya mereka kembali Musyrik, maka diantara mereka ada yang mengikuti dengan lisan akan tetapi hatinya masih dalam keadaan beriman. Hal demikian dibenarkan oleh Rasulullah SAW.

Kesimpulannya, keadaan anda sama dengan para sahabat RA, maka lakukanlah shalat anda dengan tenang semoga diterima dan diangkat derajat anda oleh Allah SWT.

sekian , walahu a'lam

Amirah. A. Nahrawi


...........................................................................................................................................................................

Labels: