Makruhnya Shalat Ashar



Shalat Ashar sebagaimana telah diketahui bahwa waktunya dimulah semenjak bayangan suatu benda panjangnya sama dengan panjang benda tersebut, dan berakhir ketika bulatan matahari telah terbenam di arah barat.
Akan tetapi para ulama berpendapat bahwa dimakruhkan melakukan shalat Ashar ketika sinar matahari sudah mulai menguning yang menandakan sebentar lagi akan terbenam. Sebab ada hadits nabi yang menyebutkan bahwa shalat di waktu itu adalah shalatnya orang munafiq.
Dari Anas bin Malik ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, ..."Itu adalah shalatnya orang munafik yang duduk menghadap matahari hingga saat matahari berada di antara dua tanduk syetan, dia berdiri dan membungkuk 4 kali, tidak menyebut nama Allah kecuali sedikit." (HR Jamaah kecuali Bukhari dan Ibnu Majah).
dan ada pula hadits yang menyebutkan bahwa waktu ashar berakhir sebelum terbenamnya matahari yaitu:
Dari Abdullah bin Umar ra bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Dan waktu shalat Ashar sebelum matahari menguning."(HR Muslim)
Dari Aisyah ra bahwa Rasulullah SAW membaca ayat, "Peliharalah shalat-shalatmu dan shalat Wustha." Dan shalat Wustha adalah shalat Ashar. (HR Abu Daud dan Tirmizy dan dishahihkannya)
Dari Ibnu Mas`ud dan Samurah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Shalat Wustha adalah shalat Ashar." (HR Tirmizy)
Para Jumhur Ulama berpendapat bahwa yang dimaksud dengan shalat Whustha (tengah) adalah shalat ashar.

sekian walahu a'lam

Amirah A. Nahrawi

Labels: ,