Ensiklopedi Imam Syafi'i


Mengenai Buku

Enseklopedi Imam Syafi'i merupakan terjemahan dari naskah asli yang berbahasa arab dengan judul الإمام الشافعى فى مذهبيه القديم والجديد. diterjemahkan langsung oleh Anaknya Amirah Ahmad NAhrawi,Lc.

Buku karangan KH. DR. Ahmad Nahrawi ini, laris dipasaran Mesir hingga saat ini, dan dapat ditemui di perpustakaan islami yang ada di Cairo.

Buku tersebut membahas aspek kehidupan Imam Syafi'i mulai dari aspek ekonomi, budaya, politik, dsb. hingga membentuk watak dan pengetahuan Imam Syafi'i ..

Membahas pula perpindahan Imam Syafi'i ke Hijaz untuk berguru kepada Imam Malik, Yaman, kemudian ke Iraq untuk berguru kepada Imam Abu Hanifah dan sahabatnya sambil bekerja.

Bagaimana pengalaman kerja dan pelajaran yang didapat, serta perjalanannya ke Mesir dalam rangka menyiarkan mazhabnya, dan bagaimana mazhab tersebut berubah pada sebagian pendapat-pendapatnya yang kemudian disebut dengan mazhab Jadid, aspek apa yang membuatnya merubah pendapatnya tentang suatu masalah dan pengalaman apa yang didapat ketika di Mesir.

Akhirnya buku ini membahas mengenai perbedaan antara mazhab qadim dan jadid dan dimana saja letak perbedaannya, mana di antara keduanya yang diunggulkan oleh sahabat-sahabatnya, dilengkapi dengan pendapat penulis tentang masalah-masalah tersebut.

Disebutkan pula sahabat-sahabat Imam Syafi'i yang berubah setelah beliau meninggal dan sahabat-sahabatnya yang berjasa dalam penyebaran mazhab ini. Siapa saja murid-muridnya dan bagaiman perkembangan mazhabnya hingga kini.

Buku tersebut dapat ditemui di perpustakaan-perpustakaan se indonesia, dan buku bernaskah arab dapat di temui di kediaman beliau.

untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami

Labels: