Maha Suci


Al-Quddus adalah Maha Suci. dalam bahasa arab al-Quds adalah suci dan Baitul Maqdis adalah rumah yang suci, sedangkan dalam al-Qur'an disebutkan Perkataan para malaikat kepada Sang Pencipta : (ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك) - dan sesungguhnya kami bertasbih menyukuri nikmatMu dan menyucikan diri kepadaMu- . Maka jelaslah bahwa arti al-Quddus adalah Yang Maha Suci.

Akan Tetapi kesucian yang Allah swt miliki tidak sama sebagaiman kesucian yang manusia atau makhluq lain miliki, kesucian Allah swt lebih tinggi dan lebih mulia dari pada kesucian ciptaanNya. Oleh karena itu, tidak pantas dan tidak sopan bila kita menggambarkan kesucian Allah sebagaimana kesucian Manusia ataupun makhluq lain di alam semesta ini, karena tidak mungkin bahkan mustahil pencipta akan sama dengan yang dicipta. ayat berikut ini membuktikan bahwasanya Allah tidak sama dengan manusia ataupun makhluq lain yaitu dimana Allah swt menolak segala bentuk bersamaan dengan makhluq ciptaanNya (سبحانه وتعالى عما يصفون) -
Maha tinggi dan Maha Mulia Allah dari apa-apa yang mereka sifatkan atau gambarkan terhadapNya-

Hendaklah kita menjauhkan segala bentuk pikiran ataupun gambaran yang dapat menjerumuskan kita dalam lingkaran setan yang kemudian dapat membawa kita kepada kemusyrikan - na'uzubillahi min dzalik- .

A.A.N



Labels: